Strategi Terurut Mendatangkan Pengunjung

Pernah saya katakan di blog kalau “banyak teman, banyak rejeki”. Artinya, makin banyak kawan, semakin kuat benteng pertahanan bisnis anda. Sama seperti strategi perang, makin banyak prajurit yang anda punya, semakin besar peluang anda memenangkan pertarungan. Untuk memiliki bisnis yang awet dan tahan lama, jangan pernah ragu meluaskan jaringan. Tentu jika jaringan anda sudah luas, anda perlu mengokohkannya.
Nah berikut ini tiga tipe pengunjung yang akan meramaikan blog anda. Diantaranya:
1. Pengunjung baru. Mereka ini adalah pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda. Mereka datang mungkin karena mengklik iklan anda, menklik link anda di komentar, atau mungkin karena diberitahu oleh temannya. Yang perlu diketahui, mereka datang karena tertarik dengan iklan blog anda. Karena itu penting jangan sampai membuat mereka kecewa.
2. Pengunjung Berulang. Mereka adalah pengunjung yang sebelumnya pernah datang dan kembali lagi ke blog anda. Mereka datang kembali karena ingin membaca artikel terbaru anda. Atau mungkin ingin bertanya pada anda. Jangan kecewakan mereka. Sajikan konten secara teratur. Dan jawab pertanyaan mereka. Mereka ikut menyumbang traffic melimpah pada blog anda.
3. Pengunjung loyal. Inilah pengunjung inti blog anda. Mereka sangat rajin datang ke blog anda. Sehari bahkan bisa berkali-kali. Setiap mereka berinternet, blog anda menjadi salah satu tempat kunjungan wajib. Mereka rajin memberikan komentar di blog anda, mereka terdaftar sebagai subscriber newsletter anda, dan mereka tanpa segan mempromosikan blog anda melalui blog mereka. Merekalah aset istimewa blog anda. Jangan sia-siakan. Berikan perhatian lebih pada mereka.
Jika anda perhatikan, sebenarnya ketiga tipe pengunjung itu saling berkaitan. Pengunjung baru akan jadi pengunjung berulang, dan pengunjung berulang akan jadi pengunjung loyal. Jika dibuat rumusan, gambarannya seperti ini:
Visitor Evolution
New Visitor >> Repeat Visitor >> Loyal Visitor
 New Visitor = Pengunjung baru yang datang ke blog anda karena iklan, search engine, dan kegiatan promosi lainnya.
 Repeat Visitor = Pengunjung berulang, kembali lagi karena menyukai content anda.
 Loyal Visitor = Pengunjung loyal, yang selalu kembali dan membawa banyak pengunjung baru untuk anda.
Mari kita bahas soal ini lebih detail lagi.
Mendatangkan Pengunjung Baru
Jika anda baru memulai blog, tugas awal anda sebagai seorang blogger adalah
mendatangkan pengunjung baru. Pada posisi ini, blog anda belum dikenal. Orang tidak tahu akan keberadaan blog anda. Di sini, anda tidak bisa mengharapkan rekomendasi dari siapapun agar ada orang baru mengunjungi dan membaca materi blog anda.
Ini adalah tahap paling membosankan dan menyita waktu. Saya tidak bilang tahap ini sulit… karena memang cara mendatangkan pengunjung baru itu mudah. Namun anda butuh konsistensi. Akibatnya, karena pekerjaan ini mudah namun harus dilakukan secara konsisten, kebanyakan blogger akan menjadi bosan. Mereka merasa harus melakukan kegiatan rutin untuk mengumpulkan sejumput demi sejumput pengunjung baru. Mereka jadi tidak sabar, dan akhirnya berhenti.
Jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Pahami dulu bahwa apa yang anda
lakukan saat ini adalah sebuah proses. Jika anda harus mengumpulkan sedikit demi sedikit pengunjung, pahamilah bahwa itu hanya sementara. Semakin lama anda berjalan, tugas anda akan semakin ringan. Nanti saya akan jelaskan mengapa bisa demikian.
Nah, untuk mendatangkan pengunjung baru, anda bisa melakukan berbagai cara. Namun cara-cara yang menurut saya sangat efektif adalah:
– Sering berkomentar di blog lain
– Bertukar link dengan blogger lain
– Menyebarkan artikel anda di sebanyak mungkin tempat
– Mengoptimasi blog untuk meraih posisi teratas hasil pencarian google.
– Atau bahkan membeli traffic.
Cara-cara di atas sudah pernah saya lakukan hampir seluruhnya. Lalu, bagaimana cara terbaik melakukannya, nanti akan kita bahas di masing-masing strategi perolehan traffic tersebut.
Membuat Pengunjung Datang Kembali dan Kembali lagi
Setelah pengunjung baru datang, mereka akan membaca blog anda. Mulai dari sini urusan akan jadi panjang. Anda harus melihat kebelakang. Sebelum mereka datang, anda harus melakukan persiapan sedemikian rupa agar orang-orang yang sudah anda giring dengan susah payah ke blog anda, mau membaca dan menyukai content blog anda.
Mereka baru mau kembali ke blog anda jika content anda bermanfaat. Jika mereka tidak menemukan manfaat apapun di blog anda, maka jangan harap mereka akan kembali. Inilah tugas anda untuk dengan hati-hati memberikan apa yang benar- benar menjadi manfaat untuk para prospek anda. Berikan yang mereka mau, dan dijamin anda akan disukai.
Hal-hal yang bisa anda lakukan adalah:
– Buat topik yang menarik.
– Tulis headline yang memikat.
– Tulis artikel yang penuh manfaat.
Untuk pembahasan ini sudah kita korek habis-habisan di modul CONTENT.
Selain anda melihat ke belakang, anda juga harus melihat ke depan. Maksudnya apa? Sebelum pengunjung datang anda harus sudah menyediakan content yang menarik. Kita sudah tahu itu. Tapi bagaimana setelah pengunjung datang, apa yang bisa anda tawarkan ke mereka sehingga mereka mau kembali lagi? Bukan karena content, tapi karena hal lain.
Ciptakan “sesuatu” yang bisa membuat mereka agar mau datang lagi. Pikirkan sebaik-baiknya apa saja yang bisa anda lakukan untuk membuatnya kembali. Beberapa diantaranya, anda bisa lakukan:
– Kirim email ke mereka setiap artikel baru anda diposting.
– Tawarkan bonus untuk mereka yang berpartisipasi komentar.
– Buat kuis atau questionaire di blog anda.
Sebenarnya ada banyak cara kreatif lainnya. Nanti kita akan bahas tuntas soal ini. Tapi yang paling penting adalah, semua pengunjung berulang anda pada mulanya adalah pengunjung baru. Tugas anda sebagai pemilik blog adalah, menyulap sebanyak mungkin pengunjung baru menjadi pengunjung berulang. Semakin tinggi prosentasenya, maka akan semakin besar pula jumlah pengunjung berulang yang anda terima. Dan semakin epat pertumbuhan traffic blog anda.
Repeat Visitors = N% x New Visitors
Di mana N adalah prosentase perubahan pengunjung baru menjadi pengunjung berulang.
Mari kita bahas dalam contoh:
Misalnya dari usaha periklanan, seo, dan sebagainya anda bisa mendatangkan 100 pengunjung baru setiap hari. Kita asumsikan, 100 adalah jumlah pengunjung baru setiap hari. Jika di setiap 100 pengunjung anda bisa menyulap 10%nya menjadi pengunjung berulang, maka hari berikutnya anda akan memiliki 10 orang (10% x 100) pengunjung berulang. Sehingga total pengunjung anda hari itu adalah 110 orang.
Hari berikutnya, rumus yang sama akan terjadi lagi. Begitu seterusnya hingga anda memiliki lebih banyak pengunjung berulang.
– Hari 1: 100
– Hari 2: 100 + (10% x 100) = 110
– Hari 3: 100 + 10 + (10% x 100) = 120
– Hari 4: 100 + 10 + 10 + (10% x 100) = 130 dan seterusnya.
Dan semakin lama ini berlangsung, anda akan punya jauh lebih banyak repeat visitor daripada new visitor hasil promosi anda. Jika kita rumuskan, pengunjung harian anda adalah seperti ini:
Daily Visitors =
New Visitors + Repeat Visitors
Semakin besar prosentase convert/sulap anda, maka akan semakin banyak
pengunjung berulang yang anda punya. Dan hanya dengan cara inilah anda bisa
mendapatkan tambahan traffic baru dan semakin bertambah setiap hari. Selain
itu, pengunjung berulang adalah aset anda yang sangat berharga, karena di antara mereka akan lahir pengunjung-pengunjung loyal yang akan membantu anda menghasilkan pengunjung-pengunjung baru lebih banyak lagi.
Membuat pengunjung menjadi loyal kepada anda
Sampailah kita pada tahap mendapatkan pengunjung loyal. Yaitu mereka yang setiap berkunjung setiap hari ke blog anda, membaca artikel-artikel anda, mengomentari artikel anda, menjawabi komentar pengunjung lain, merekomendasikan log anda di blog mereka, membela anda terhadap tuduhan miring yang ditujukan pada anda, dan sebagainya.
Tugas anda di tahap ini adalah memikirkan bagaimana membuat setiap pengunjung rutin anda menjadi sahabat terbaik anda. Keberadaan anda di blog ini adalah untuk setulusnya membantu mereka, demi keberhasilan mereka dan mereka harus tahu itu.
Jika mereka sudah merasakan niat baik anda, merasakan manfaat nyata, tanpa anda memaksakan kehendak untuk setia kepada anda pun, mereka akan dengan senang hati menjadi pengunjung loyal anda. Mereka akan senang menyiarkan pada teman-teman dan orang-orang terdekat mereka bahwa blog anda bagus. Ini artinya mereka merekomendasikan blog anda untuk dikunjungi. Cara ini jauh lebih efektif dibanding anda sendiri yang meminta pengunjung lain untuk datang ke blog anda.
Dan, yang lebih beruntung lagi, jika yang merekomendasikan blog anda adalah blogger-blogger populer. Saya yakin dalam sekejap mereka akan membuat blog anda kebanjiran traffic. Karena siapapun yang menyukai artikel anda akan membuat link artikel-artikel anda di situs web atau blog mereka. Ini sudah jadi channel yang bagus untuk blog anda.
Untuk membangun pengunjung tipe ini, saya tidak akan coba berikan rumusannya terlebih dahulu. Nanti ada bagian khusus yang membahas persoalan ini. Contoh-
contoh strateginya juga bisa anda dapatkan pada modul selanjutnya – TRAFFIC 2. Saya ingin anda terus merasa penasaran. Mohon maaf.
Jika anda sudah menghasilkan ribuan pengunjung, selanjutnya anda tentu harus berupaya keras menjaga jaringan yang sudah ada ini. Jangan pernah lengah sedikitpun. Tetaplah menulis content secara teratur dan jangan sampai content anda kedodoran. Karena, makin banyak pengunjung, makin banyak mata yang memperhatikan blog anda. Jaga kualitas dan performa blog anda. Agar, kabar yang tersiar tentang blog anda selalu bernada positif.
Ini cara yang digunakan para superbloggeruntuk mendapat traffic yang luar biasa tinggi
dalam hitungan bulan. Ya, tak jarang, baru beberapa bulan launching, blog mereka sudah memiliki hits atau jumlah kunjungan yang sangat besar. Salah satu rahasianya ya itu tadi. Mereka membuat content-content yang sangat menarik dan bisa memikat banyak hati. Barulah saluran komunikasi diantara pengunjung dan calon pengunjung terbuka lebar. Biarkan pengunjung-pengunjung anda menulis tentang anda dan artikel-artikel anda di blog mereka!
Atau, yang lebih menarik lagi, jika pengunjung yang sudah terkesima dengan blog anda mereka akan menulis di forum-forum diskusi. Bayangkan, berapa banyak orang lagi yang akan membaca tentang blog anda. Tanpa anda perlu gembar-gembor ke sana ke mari untuk mempublikasikan blog anda. Orang lain yang akan bekerja untuk anda! Dimanapun tempatnya jurus ini selalu berhasil. Yang anda perlukan cuma blog yang baik dan berguna di mata pengunjung. Itu saja modal awal anda.
Pengunjung adalah pangsa pasar anda. Mereka yang akan memutuskan untuk nantinya
membeli produk anda atau tidak. Mereka yang nantinya akan mengklik iklan anda. Tapi, yang pasti, dengan cara seperti ini anda tidak perlu melancarkan strategi marketing yang susah-susah. Lebih baik menjaga kualitas content daripada menggaet banyak pembeli. Karena yang harus anda terapkan adalah brand image terlebih dahulu. Ya, anda harus menancapkan citra diri blog anda lebih dahulu. Urusan pembeli, pikirkan nanti. Yang penting blog anda banyak yang suka.
Sebuah blog terkenal biasanya memiliki jaringan dengan blog lain yang juga terkenal. Mereka saling berbagi cerita satu sama lain. Tentunya, saling berbagi pengunjung juga. Dan, hubungan yang dijalin ini tentu selamanya simbiosis mutualisme, menghasilkan sesuatu yang saling menguntungkan. Misalnya, saya mencoba untuk menggiring pembaca saya ke blog anda. Karena kita memiliki hubungan profesional yang baik. Saya menganjurkan pembaca saya untuk melihat tampilan blog anda yang bagus. Ya, karena anda adalah seorang programmer web yang handal. Sebaliknya, anda harus menganjurkan pengunjung anda untuk membaca content-content saya. Dan, katakan bahwa saya memiliki content yang menginspirasi dan memotivasi. Itu cuma contoh kalau anda ingin bekerja sama dengan blogger lain.
Ingat, semua blog terkenal itu tidak langsung terkenal pada awalnya. Top blogger juga berusaha sekuat tenaga untuk menjadikan blog mereka terkenal. Bahkan, pada hari pertama launching bisa saja tak ada pengunjung satu pun yang menghampiri mereka. Begitu juga saya. Dalam hari pertama launching blog, saya hanya dikunjungi beberapa gelintir orang.
Saat itu saya tidak terlalu cepat memasang target tinggi. Saya hanya bertekad untuk fokus dan mengerahkan energi secukupnya untuk blog saya. Yang penting saya sudah mematok target untuk menjadi top blogger. Nah, dengan demikian pelan-pelan usaha saya membuahkan hasil.
Dan yang selalu saya ingat, lebih penting menjaga kualitas blog daripada menggaet sebanyak mungkin traffic. Content harus selalu didahulukan, karena yang dikabarkan orang-orang adalah kata-kata yang saya tulis. Bukan gambar yang saya pasang di blog saya. Dan, saya lebih baik membagikan ilmu-ilmu yang saya punya dari pada saya melancarkan usaha marketing dan menggaet pembeli.
Masih ingat rumus repeat visitors? Pengunjung berulang adalah prosentase pengunjung
baru yang kembali lagi. Bagaimana mereka mau kembali jika content blog anda dangkal, membosankan, bahkan tidak membawa manfaat. Sebanyak apapun pengunjung baru yang anda giring ke blog, ratusan, atau ribuan… semua dari mereka tidak akan kembali jika konversi repeat visitors anda 0%. Sekali lagi, kunci repeat visitor ada di content.
Orang yang sudah membeli produk saya mungkin tak akan kembali ke blog saya. Tapi,
pembaca setia blog saya akan terus kembali pada saya. Meskipun hari ini dia tidak
membeli produk saya, saya percaya di kemudian hari ia akan beli produk saya juga.
Kenapa? Semakin anda memberikan banyak ilmu pada seseorang, orang itu pasti semakin pintar. Dan orang yang pintar pasti selalu ingin belajar lebih banyak dan lebih banyak lagi. Dan hanya produk saya yang bisa menjawab keingintahuan mereka.

Iklan

About sayhellow

smart boy and hard worked

Posted on November 5, 2011, in SEO and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: